Cara Membuat Miniatur Ekosistem Hutan - Miniatur Part 3

Cara Membuat Miniatur Ekosistem Atau Titarium - Sahabat Miniatur kali ini kita akan membahas cara membuat miniatur titarium atau miniatur ekosistem. Ya membuat miniatur ekosistem atau titarium tujuannya adalah untuk membuat hiasan di dalam rumah agar terlihat lebih segar kalau berada di dalam rumah. Kalau menurut saya selain membuat nyaman bisa membuat damai kalau melihat ekosistem yang satu ini jika berada di dalam rumah.

Ok langsung saja bagaimanakah cara membuat miniatur ekosistem, tetapi juga membutuhkan ketlatenan dalam merawatnya. Karena jika membuat tanpa ada perawatan maka tumbuhan yang kamu gunakan untuk miniatur ekosistem akan mati. Jadi, harus rajin merawatnya ya agar terlihat sejuk kalau di pandang.

Cara Membuat Miniatur Ekosistem Hutan
Cara Membuat Miniatur Ekosistem Hutan
Nah bagi anda yang berminat untuk membuat miniatur titarium ini, langsung saja siapkan alat dan bahan-bahan yang diperlukan dan lakukan langkah-langkah berikut ini:

Cara Membuat Miniatur Ekosistem Hutan

1. Carilah tanaman yang ingin di gunakan merupakan tanaman yang tetap kecil meskipun tumbuh banyak. Akan lebih bagus jika kamu memilih tanaman yang cocok untuk keadaan lembab. Kamu bisa menggunakan tumbuhan pakisan atau rumput/lumut dan sebagainya.
2. Sediakan wadah untuk tempat ekosistem. Kamu bisa menggunakan toples kaca atau akuarium, yang terpenting wadah tersebut bisa di buka dan di tutup. Tetapi wadah yang yang saya anjurkan adalah mangkuk kaca atau toples kaca yang berukuran besar.
3. Sediakan bahan-bahannya
  • Tanah gembur,
  • Pupuk tanaman
  • Bibit lumut atau tanaman lumut
  • Penghiasa (kerang, kerikil, patung-patungan, dll)

4. Jika semua bahan dan alat sudah tersedia, sekarang kita mulai untuk membuat/meracik ekosistem
5. Langkah awal silahkan cuci bersih wadah toples yang sudah kamu siapkan. Pastikan bersih dari bakteri, kamu bisa menggunakan sabun diterjen.
6. Letakkan batu kerikil secukupnya.
7. Taruh bibit lumut atau tumbuhan lumut berada di atas batu yang sudah kamu masukkan tadi.
8. Beri tanah gembur berada di atas bibit lumut secara merata.
9. Berikan tanaman hias yang sudah kamu siapkan tadi, siilahkan di tata sebagus mungkin sesuai seni yang kamu inginkan.
10. Tambahkan hiasan lain seperti patung, kerang dll.
11. Beri sedikit air pada tumbuhan ekosistem

Cara Menjaga Miniatur Ekosistem: Jagalah tanaman agar tetap lembap dan terlihat indah karena berwarna-warni. Jangan meletakkan terarium di sudut gelap; pilihlah tempat dengan banyak cahaya tidak langsung agar lebih terlihat menarik.

Demikianlah cara membuat miniatur ekosistem yang bisa kamu coba dirumah, semoga dapat membantu. Trimakasih atas kunjungan di Miniatur kami semoga bermanfaat yaa.

Related Posts

Cara Membuat Miniatur Ekosistem Hutan - Miniatur Part 3
4/ 5
Oleh